Modifikasi Saklar Power Window

Mangatasi Masalah AUTO Saklar Utama Power Window Starkap
Buat pemilik starlet yang bertipe SE-Limited atau SEG, secara lahiriah sudah dilengkapi dengan piranti power window. Seiring dengan umur, kerap power window mengalami masalah terutama untuk kaca jendela power window pintu pengemudi/sopir yang sering sekali bermasalah karena memang frekwensi pemakaiannya sangat sering. Biasanya kerusakan yang timbul adalah motor power window sudah rusak atau saklarnya sudah terbakar.

Saklar “AUTO” Power Window

Saklar AUTO adalah saklar yang memiliki fungsi otomatis menutup/membuka jendela secara full hanya dengan sekali tekan. Biasanya saklar ini hanya untuk bagian kaca jendela pengemudi/sopir. Tentu fungsi utamanya adalah memudahkan pengemudi membuka dan menutup kaca jendela saat membayar karcis parkir atau bayar TOL. Saklar ini memiliki 2 step, 1 step manual dan 1 step lagi AUTO dengan cari menekan agak dalam atau menarik agak keatas. Bagi teknisi spesialis power windows masalah saklar AUTO ini sudah menjadi ‘rahasia umum’ sering bermasalah, dan teknisi biasanya lebih suka me-non aktifkan saklar AUTO dengan cara memutuskan kabel solenoid penahan saklar dan ini untuk mencegah rusaknya saklar atau bahkan motor power window nya terbakar. Alasan me-non aktifkan fungsi ini bukan tanpa alasan, sebabnya adalah saat saklar AUTO ditekan, saklar akan terus menerus mengirimkan aliran listrik ke motor power window walau jendela sudah menutup/membuka 100%. Jelas ini bisa akibatkan konsleting/shorcut kabel atau terbakarnya motor, karena listrik yang disalurkan juga lumayan besar sekitar 7 Ampere, arus listrik sebesar ini potensial membuat saklar atau motor power window terbakar dalam waktu yant tidak terlalu lama😦 …


Teknisi spesialis power windows biasa ‘mengakali’ bagian ini dengan cara me-non aktifkan modul AUTO saklar.

Menggunakan OVERLOAD a/c split rumah
Ide awal menggunakan komponen ini adalah melihat sistem A/C split rumah yang pada saat listrik mati, kemudian dinyalakan kembali kompresor A/C split tidak akan langsung bekerja karena diputus oleh alat OVERLOAD ini, fungsinya melindungi motor dari beban yang terlalu besar. Ilmu ini didapatkan karena kebetulan kakak saya adalah pemilik bengkel spesialis A/C rumah dan Mobil he..he..he.. nyolong ilmu dikit gak masalah kan untuk bagi pengalaman.

Komponen yang digunakan adalah OVERLOADER dari sebuah A/C split 1/2 PK, yang bisa didapatkan dengan harga 10 ribu rupiah saja🙂, Cara kerja alat ini layaknya thermal switch yang disebabkan oleh overload atau kelebihan beban, saklar ini akan segera memutus aliran listrik untuk ‘beberapa’ saat bila terjadi overload, dan kemudian menyambung kembali.

Dipasang secara seri dengan kabel yang menuju saklar utama, alat ini sangat mudah dipasang, tinggal menyambung saja dan rapikan, selesai sudah.

Nah sekarang, saklar power window dan motor power window akan aman dari kemungkinan terbakar karena beban yang berlebih.

Selamat Mencoba,

Starno72
021-32929696

2 thoughts on “Modifikasi Saklar Power Window

  1. fadhil says:

    makasih banget nih gan infonya. Cuma ane mau nanya, itu nanti mutusin arusnya buat ke semua switch power window apa yg auto nya aja? Mutusin arusnya kira2 berapa lama? Sama satu lagi beli alatnya dimana ya.. Hehe thanks

  2. Iwan says:

    Sy sdh cb di pintu sopir sj, alhasil lumayan ampuh, saat kaca sdh ketutup full akan bunyi klik. Berarti otomatisnya bekerja. Bl otomatis ac nya di toko spare part msn cuci atau ac

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s