Membuat Paspor Hijau di Imigrasi Bandung

Cuman mw share aja neh stelah mengalami sendiri pembuatan paspor hijau tanpa calo. 2x pembuatan paspor hijau, yang pertama saya sendiri dan yg kedua paspor anakku dan adikku.

Sebelum datang langsung ke imigrasi alangkah baiknya siapkan dulu persyaratannya :
1. Ktp asli dan fc
2. Kartu keluarga asli dan fc, kk harus dalam wilayan cakupan kantor imigrasi tempat kita akan buat paspor. Alangkah baiknya alamat kk dan ktp sama.
3. Ijasah/akte lahir asli dan fc
4. Surat nikah (bagi yg sudah menikah) asli dan fc
5. Surat rekomendasi atasan (bagi yg sudah bekerja) yg isinya menyatakan kita untuk dibuatkan passpor serta negara tujuan yg akan dikunjungi.

Hari pertama datang pagi sekali kalo perlu sebelum mereka buka, bilang ke satpam untuk minta antrian penyerahan dokumen, bilang jg sudah isi form nya (padahal belom). Setelah dapet antrian, lalu ke sebelah pintu masuk tempat pengambilan formulir, setelah itu ke bagian belakang gedung untuk beli map dan cover passpor (10rb). Isi formulir sambil nunggu no antrian kita dipanggil. Untuk mempermudahkan ke depannya Sebaiknya di formulir pada bagian nama menyertakan nama famili (siapa tau dapet rijki bwt naik Haji or umroh, konon negara2 Arab membutuhkan nama famili dipasspornya). Pas dipanggil no antrian, serahkan saja dokumen fc + formulir dalam 1 map, disuruh nunggu dan dipanggil kembali dengan berita acara waktu pembayaran serta wawancara, biasanya h+2 kita disuruh datang kembali untuk pembayaran dan wawancara.

Hari ketiga, datang pagi sekali dan bilang ke satpam untuk minta antrian pemnayaran. Tunggu untuk dipanggil pembayaran, setelah bayar (270rb) diberi bukti pembayaran dan kita tunggu lagi untuk dipanggil wawancara dan foto. Pas dipanggil, kita foto dan sidik jari, kalo kosong meja wawancara kita bisa langsung tp kalo penuh kita tunggu lagi diluar nanti akan dipanggil lagi. Kalo dipanggil wawancara siapkan dokumen asli tersebut, disini akan divalidasi fc nya. Kalo dokumen lengkap pasti lancar. Disini validasi data kita kalo ok ttd passpor dan bukti untuk pengambilan passpor, paling cepat 4hr kerja setelah wawancara.

Hari terakhir, minta antrian pengambilan passpor ke satpam, disini langsung aja tanpa nunggu dipanGgil sershkan bukti wawancaranya. Tunggu bentar, jadi deh paspornya.

Total 275rb termasuk parkir 3x.

– kalo pengen sehari jadi Cari Biro yg direkomendid ama imigrasi sendiri or Cari calo langsung, ngobrol2 aja ama satpam. Tarifnua 1jt an.
– 3hr jadi pake calo biasa aja yg berkeliaran di kantor imigrasinya, Tanya satpam or yg bawa map kuning banyak. Tarifnya 600rb an.

Semoga membantu bagi yg mw bikin passpor hijau secara resmi.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s